Politik dan Strategi Nasional
Politik Dan Strategi Nasional
Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum
dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan national. Dengan
demikian definisi poltik nasional adalah asas, haluan, usaha serta
kebijaksanaan Negara tentang pembinaaan (perncanaan, pengembangan, pemeliharaan
dan pengendalian) serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan
nasional. Strategi nsional disusun untuk pelaksanaan politik nasional, misalnya
strategi jangka pendek , menengah, dan jangka panjang. Jadi strategi adalah cara melaksanakan politik
nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik
nasional.
Penyusunan Politik dan Strategi Nasional
Politik dan
strategi nasional yang telah berlangsung selama ini disusun berdasrkan sistem
kenegaraan menurut UUD 1945. sejak tahun 1985 telah berkembang pendapat yang
menyatakan bahwa jajaran pemerintah dan lembaga-lembaga yang tersebut dalam UUD
1945 merupakan “ suprastruktur politik”. Lembaga-lembaga tersebut adalah
majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan perwakilan rakyat, Badan pemariksa
Keuangan dan MA. Sedangkan badan-badan yang ada dalam masyarakat disebut
sebagai “infrastruktur politik”yang mencakup pranata politik yang ada dalam
masyarakat seperti partai politik, organisasi kemasyarkatan, media massa ,
kelompok kepentingan dan kelompok penekan, suprastruktur dan infrastruktur
politik harus dapat bekerja sama dan memiliki kekuatan yang seimbang.
Mekanisme penyusunan politikdan strategi nasional
ditingkat supra struktur poltik diatur oleh presiden.Dalam melaksankan tugas
ini, presiden dibantu oleh berbagai lembaga tinggi negara lainnya serta
dewan-dewan yang merupakan badan
koordinasi seperti Dewan stabilitas Ekonomi nasional , Dewan penerbangan dan
antariksan nasional RI, deawn maritime, dewan otonomi daerah dan dewan
stabilitas politik dan kamanan.
Sedangkan proses
penyusunan politik dan strategi nasional ditingkat suprastruktur politik
dilakukan setelah presiden menerima GBHN. Selanjutnya persiden menyusun program
cabinet dan memilih menteri-menteri yang kan melaksanakan program-program
tersebut. Program cabinet dapat dipandang sebagai dokumen resmi yang memuat
politik nasional yang digariskan oleh presiden. Strategi nasional dilaksanakan
oleh para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non departemen berdasarkan
petunjuk presiden. Yang dilaksanakan oleh presiden sesungguhnya merupakan
politik dan strategi nasional yang bersifat pelaksanaan. Di dalamnya sudah
tercantum program-program yang lebih konkret yang disebut sasaran nasional.
Proses politik dan
strategi nasional pada infrastruktur politik merupakan sasaran yang akan
dicapai oleh rakyat Indonesia. Sesuai dengan kebijakan politik nasional,
penyelenggara negara harus mengambil langkah-langkah pembinaan terhadap semua
lapisan masyarakat denga mencantumkan sasarn sektoralnya.
Stratifikasi Politik Nasional
Stratifikasi politik (kebijakan)nasional dalam
Negara Republik Indonesia sebagai berikut :
- Tingkat Penentu Kebijakan Puncak
a. Tingkat kebijakan puncak meliputi kebijakan
tertinggi yang menyeluruh secara nasional dan mencakup : penentuan
Undang-Undang Dasar, penggarisan masalah makro politik bangsa dan negara untuk
merumuskan tujuan nasional berdasarkan falsafah Pancasilan dan UUD 1945.
Hasil-hasilnya berbentuk :
i.
Undang-undang
yang kekuasaan pembuatnya terletak di tangan presiden dengan persetujuan DPR
(UUD 1945, Pasal 5 ayat (1) atau Peraturan
Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu), dalam hal ihwal kegentingan
yang memaksa)
ii. Peraturan pemerintah untuk mengatur
pelaksanaan undang-undang yang wewenang penerbitannya berada di tangan presiden
(UUD 1945) pasal 5 ayat (2).
iii. Keputusan atau instruksi presiden yang berisi kebijakan-kebijakan
penyelenggaraan pemerintahan yang wewenang pengeluarannya berada di tangan
Presiden dalam rangka pelaksanaan kebijakan nasional dan perundang-undangan
yang berlaku (UUD 1945, pasal 4 ayat (1)
iv. Dalam keadaan tertentu dapat pula
dikeluarkan Maklumat Presiden
b. Dalam hal dan keadaan yang menyangkut
kekuasaan kepala negara seperti tercantum pada pasal-pasal 10 sampai dengan 15
UUD 1945, tingkat penentuan kebijakan puncak ini juga mencakup kewenangan
presiden sebagai kepala negara.
- Tingkat Kebijakan Umum
Tingkat
Kebijakan Umum merupakan tingkat kebijakan di bawah tingkat kebijakan puncak
yang lingkupnya juga menyeluruh nasional dan berupa penggarisan mengenai
masalah-makro strategis guna mencapai tujuan nasional dalam situasi dan kondisi
tertentu . Kebijakan ini adalah penjabaran kebijakan puncak guna merumuskan
strategi administrasi, sistem dan prosedur dalam bidang utama tersebut.
- Tingkat Penentu Kebijakan Khusus
Kebijakan
khusus merupakan penggarisan terhadap suatu bidang utama pemerintahan. Wewenang
pengeluaran kebijakan khusus ini terletak di tangan pimpinan eselon pertama
departemen pemerintahan dan pimpinan lembaga-lembaga non departemen. Di dalam
tata laksana pemerintahan, sekjen sebagai pembantu utama menteri bertugas
mempersiapkan dan merumuskan kebijakan umum menteri dan pimpinan tumah tangga
departemen. Selain itu inspektur jenderal dalam penyelenggaraan pengendalian
departemen. Ia juga mempunyai wewenang untuk membantu mempersiapkan kebijakan
umum menteri.
- Tingkat Penentuan Kebijakan Teknis
Kebijakan teknis meliputi penggarisan dalam satu
sektor dari bidang utama di atas dalam bentuk prosedur serta teknik untuk
mengimplementasikan rencana, program dan kegiatan. Kebijakan teknis ini
dilakukan oleh kepala daerah, propinsi dan kabupaten/kota.
Politik
Pembangunan Nasional Dan Manajemen Nasional
Politik merupakan cara untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan politik bangsa Indonesia telah
tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap seluruh bangsa
Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum,
mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksankan ketertiban dunia berdasrkan
kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dengan demikian politik
pembangunan harus berpedoman kepada pembukaan UUD 1945.
Politik pembangunan sebagai pedoman dalam
pembangunan nasional membutuhkan kepaduan tata nilai, struktur, dan proses.
Keterpaduan tersebut merupakan himpunan usaha untuk mencapai efisiensi, daya
guna, dan hasil guna sebesar mungkin dalam penggunaan sumber dana dan daya
nasional guna mewujudkan tujuan nasional. Karena itu, kita memerlukan sistem
manajemen nasional berfungsi memadukan penyelenggaraan siklus kegiatan
perumusan, pelaksanaan, dan pengendalian pelaksanaan kebijaksanaan. Sistem
manajemen nasional memadukan seluruh upaya manajerial yang melibatkan
pengambilan keputusan berkewenangan dalam rangka penyelenggaraan kehidupan
berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan ketertiban nasional sosial, politik,
dan administrasi.
a. Makna Pembangunan Nasional
Pembangunan
nasional merupakan usaha peningkatan kualitas
manusia dan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan dengan
memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan
tantangan perkembangan global. Pelaksanaannya mengacu pada kepribadian bangsa
bangsa dan nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang
berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju, serta kukuh kekuatan moral
dan etikanya. Tujuan pembangunan itu sendiri adalah sebagai usaha untuk
meningkatkan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia. Setiap warga negara
Indonesia harus ikut serta dan berperan dalam melaksanakan pembangunan sesuai
dengan profesi dan kemampuan masing-masing.
Keikutsertaan
setiap warga negara dalam pembangunan nasional dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti
mengikuti program wajib belajar, membayar pajak, melestarikan lingkungan hidup,
mentaati segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, mejaga
ketertiban dan keamanan, dan sebagainya. Pembangunan nasional mencakup hal-hal
yang bersifat lahiriah maupun bathiniah yang selaras, serasi, dan seimbang.
Itulah sebabnya pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan manusia dan
masyarakat Indonesia yang seutuhnya, yakni sejahtera lahir dan batin.
TERIMA KASIH
What is the best casino games? | DrMCD
BalasHapusA 태백 출장샵 real casino game should 경주 출장마사지 be played on all levels, and even with a certain 나주 출장마사지 amount of 충주 출장샵 skill it's still possible to 하남 출장마사지 make a decent money, even with a